Kamis, 18 Oktober 2012

Lin Dan

Lin Dan

Lin Dan (Cina: 林丹; pinyin: Lin Dan, lahir 14 Oktober 1983 di Longyan, Fujian ) adalah pemain bulutangkis profesional dari Cina. Dia adalah dua kali juara Olimpiade, empat kali juara dunia, dan lima kali juara All England. Secara luas dianggap sebagai pemain bulu tangkis terbaik sepanjang masapada usia 28 Lin telah menyelesaikan "Super Grand Slam", setelah memenangkan semua sembilan gelar besar di dunia bulu tangkis: Olimpiade, Dunia kejuaraan, Piala Dunia, Thomas Cup, Sudirman Cup, Super Series Masters Finals, All England Terbuka, Asian Games, kejuaraan Asia dan, menjadi yang pertama dan satu-satunya pemain untuk mencapai prestasi ini.

Lin Dan juga menjadi single pemain laki-laki pertama untuk mempertahankan medali emas Olimpiade dengan memenangkan tahun 2008 dan mempertahankan gelar pada tahun 2012.

Dia telah dijuluki "Super Dan" oleh para penggemarnya.


Lin mulai tahun dengan kalah dari Lee Chong Wei di final Korea Terbukadan kekalahan putaran kedua di Malaysia Terbuka Dia memenangkan gelar kelima Terbuka Jerman pada bulan Maret, dan pertama musim ini. . Dia kemudian memenangkan All England Terbuka pada bulan Maret, sehingga menjadi orang pertama dalam 33 tahun untuk memenangkan lima gelar pada bulan April, Lin menarik diri dari semifinal Kejuaraan Bulutangkis Asia karena cedera pinggang., dan bergerak juga membantu rekan senegaranya Chen Jin mengamankan tempat tidur Olimpiade.

Dia membantu Cina memenangkan kelima berturut-turut gelar Piala Thomas tanpa kehilangan satu pertandingan di setiap pertandingan ia bermain . Dia kemudian tersingkir dari semifinal Thailand Terbuka, yang ia mengeluh kelelahan sebelum turnamen dimulai.

Pada Olimpiade 2012, Lin melemah terhadap Irlandia Scott Evans, dan mengungguli Taufik Hidayat di babak kedua. Di perempat final, Jepang Sho Sasaki nyaris menunjukkan kepadanya pintu keluar, setelah selamat dari permainan karetdia memiliki kemenangan mudah melawan Lee Hyun-il di semifinal untuk setup pertemuan lain dengan saingannya Chong Lee Weidalam ulangi tahun 2008 final, Lin saat ini kehilangan game pertama Lee namun bangkit untuk mengambil kedua. Game ketiga menjadi film thriller sebagai Lin beringsut ke medali emas, sempit mengalahkan Lee oleh dua poin meski Lee memimpin sebagian besar waktu . Lin juga menjadi pemain tunggal putra pertama untuk mempertahankan gelar Olimpiade.



Lin memenangkan Eddie Choong Player of the Year selama dua tahun berturut-turut pada tahun 2006 dan 2007Ia juga mengamankan Pemain Pria Terbaik BWF of the Year pada tahun 2008. Lin sebagai Most Valuable Player (MVP) selama Asian Games 2010 di Guangzhou, Cina pada tanggal 16 Januari 2011., ia terpilih sebagai atlet pria terbaik di 2.010 Kepribadian CCTV Olahraga Tahun untuk menyapu bersih gelar di bulutangkis besar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar